Senin, 21 Juli 2008

Apakah bakat penentu desain grafis?

Maaf jika mungkin artikel kali ini kurang masuk dalam ilmu desain grafis, mungkin anda mengatakan bahwa ini lebih ke psikolog di banding deain grafis. Tapi banyak yang bertanya kepada saya tentang persoalan ini.

APAKAH BAKAT PENENTU DESAIN GRAFIS?

Banyak orang mengatakan bahwa desainer grafis membutuhkan bakat. Apakah benar? tidak selalu. Banyak desainer grafis pemula yang memulai desain grafis padahal tidak merasa punya bakat. Dan akhirnya sukses menjadi desainer grafis.

Menurut pakar manajemen, Dr. Roy Sembel, kekuatan manusia terletak pada tiga hal: bakat, pengetahuan dan ketrampilan. Bakat adalah pola pikir, perasaan atau perilaku alami yang kita miliki. Pengetahuan adalah fakta-fakta dan pelajaran yang kita pelajari dalam hidup ini. Sedangkan ketrampilan adalah hal-hal atau langkah-langkah yang kita kuasai karena kita melatih atau melakukannya secara terus menerus.

Jadi saya misalkan ada seseorang merasa tidak berbakat di bidang desain grafis tetapi dia tekun belajar, fokus pada apa yang ingin di capai, belajar desain grafis minimal 5 jam sehari selama kira-kira 10 tahun. Tentu saja ia dipastikan akan menjadi desainer grafis profesional. ijinkan saya menuliskan kutipan pesan dari sebuah novel terlaris se-Indonesia "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata, bahwa hidup dengan usaha bagai mencari buah dalam keranjang, jadi apapun yang di ambil tentu yang akan terambil adalah buah. Lalu hidup tanpa usaha bagai mencari kucing hitam di kamar yang gelap padahal kucing tersebut tidak ada.

Kiat-kiat

Kiat-kiat saya membaginya menjadi 7 point penting.

  • Niat yang dibarengi Komitmen

Yang paling sederhana dan merupakan kunci awal adalah niat. Yaitu kemauan, hasrat, gairah, ambisi, dan keinginan untuk sukses. Misalkan anda ingin menjadi desain web, sementara anda tidak memiliki koneksi internet, karena harganya mahal. Namun jika di dalam hati sudah ada niat, dan dia sudah bercita-cita ingin menjadi desainer web profesional maka semua akan dia lakukan untuk menempuhnya, bisa main di warnet yang murah atau kampus agar gratis.

  • Goal (yang ingin di capai)

Hal positif yang ingin anda capai. Misalkan anda jika sudah menjadi desainer grafis terkenal ingin membangun sekolah desainer grafis sendiri.

  • Planning

Seorang desain grafis biasa melakukan sketsa. Untuk mendekati impian anda adlaha sebuah rencana. Perencanaan adalah sebagian kesuksesan. Dikutip dari novel " Eddensor" karya Andrea Hirata Keberhasilan adalah hasil dari perencanaan yang matang. Buatlah langkah-langkah yang ingin di capai. Atur waktu, atur strategi apa saja yang akan di lakukan. Baik rencana jangka pendek maupun jangka panjang.

  • Tindakan

Lakukan apa yang di rancang sekarang juga. Lebih cepat lebih baik. Pantang menyerah, walau berkali-kali gagal. Tidak ada orang sukses yang tidak pernah gagal. Menurut Thomas Alfa Edison bahwa jenius adalah 1% kepintaran dan 99% usaha.

  • Do'a

Setelah itu semua, yang terpenting dari semua itu adalah BerDo'a. Berdo'a kepada Allah SWT. Ingatlah bahwa bahwa jawaban Allah SWT adlah 3 jalan.

  1. Allah berkata "YA" dan berikan apa yang kamu mau
  2. Allah berkata "Tidak" dan berikan sesuatu yang terbaik untukmu
  3. Allah berkata "Tunggu" dan berikan yang terbaik di lain waktu

Tidak ada komentar: