Senin, 21 Juli 2008

Desain Grafis Sebenarnya

DESAIN GRAFIS SEBENARNYA

Pengertian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversiv atau sesuatu yang mudah diingat. Yang di ambil dari (Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com).

Tetapi desain grafis yang dikenal sebagian orang adalah hanya memerlukan sebuah seprangkat komputer dan kemampuan mengoperasikan program grafis semata. Sehingga banyak yang mengatakan desaingrafis itu murah dan agak disepelekan. Seorang desainer grafis yang baik adalah mampu membuat kekuatan suatu pesan dan mampu membuat komunikasi terhadap konsumen terhadap suatu karya yang dibuat. Itu terkait dalam sebuah iklan dimana seorang desain grafis memiliki potensi untuk megemas dan membuat strategi pemasaran iklan agar diterima oleh konsumen dengan nilai baik. Bukan hanya kemampuan secara teknis saja. Dibutuhkan ide-ide kreatif dan pemahaman menyeluruh terdapap perihal yang digeluti.

Pernah terjadi dan bahkan mungkin sudah beberapa kali terjadi, dimana ada sebuah perlombaan desain untuk sebuah logo suatu perusahaan yang dituju. Masing-masing peserta berlomba-lomba untuk membuat logo sebaik mungkin. Semua peserta logo sangat bagus dan bahkan ada yang bisa disebut wah. Tapi hanya satu logo yang akan diterima oleh perusahaan tersebut. Ternyata logo yang di ambil adalah logo di katakan tidak mungkin menang karena logonya yang sangat simple. Hanya bergambar setangkai daun dan tulisan dengan fill dua warna. Banyak komentar-komentar yang mengkritik dan tidak menerima perlombaan ini terhadap juri. Baik dari peserta maupun para penonton. Karena peserta yang dijagokan kalah. Bagi pesrta yang kalah bukan karena logo mereka jelek atau norak karena terlihat terlalu ramai, tetapi logo yang dibuat sangat indah dan memiliki nuansa futuristic yang baik. Tapi ternyata juri tidak sebatas menilai bentuk visual semata. Ada sesuatu hal yang harus memilih pemenang lomba bukan yang di jagokan orang-orang. Ini menunjukan bukti bahwa seorang desainer grafis tidak hanya mampu dalam segi teknis, tapi mampu membuat suatu kekuatan, membuat kekayaan pesan yang kuat terhadap suatu karya yang dibuat.

Tidak ada komentar: